Login Member
Username:
Password :
Agenda
25 July 2014
M
S
S
R
K
J
S
29
30
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
 

Era globalisasi dengan segala implikasinya menjadi salah satu pemicu cepatnya perubahan yang terjadi pada berbagai aspek kehidupan masyarakat, dan bila tidak ada upaya sungguh-sungguh untuk mengantisipasinya maka hal tersebut akan menjadi maslah yang sangat serius. Dalam hal ini dunia pendidikan mempunyai tanggung jawab yang besar, terutama dalam menyiapkan sumber daya manusia yang tangguh sehingga mampu hidup selaras didalam perubahan itu sendiri. Pendidikan merupakan investasi jangka panjang yang hasilnya tidak dapat dilihat dan dirasakan secara instan, sehingga sekolah sebagai ujung tombak dilapangan harus memiliki arah pengembangan jangka panjang dengan tahapan pencapaiannya yang jelas dan tetap mengakomodir tuntutan permasalahan faktual kekinian yang ada di masyarakat.

LETAK GEOGRAFIS

Madrasah Aliyah Negeri Karanganyar terletak di jantung kota Karanganyar. Tepatnya di jalan Ngalian No. 4 Karanganyar, kurang lebih 500 m sebelah selatan Taman Pancasila / rumah dinas Bupati Kabupaten Karanganyar.

Disamping letaknya yang strategis, dilalui seluruh jalur angkuta dari berbagai daerah, juga berada di komplek sekolah :

-          di sebelah Timur      : POLTEK Karanganyar dan SMAN 1 Karanganyar

-          di sebelah Barat       : SMK N 1 Karanganyar

-          di sebelah Selatan : SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar

-          di sebelah Utara adalah Jalan AW Monginsidi

MAN Karanganyar dalam daftar resmi di Kementerian Agama Pusat memang Jl. Ngalian No 04, walaupun konkritya terletak di Jalan AW Monginsidi, hal ini disebabkan ketika MAN Karanganyar Berdiri tahun 1978 sampai registrasi di Pusat Departemen Agama kala itu, Jl Monginsidi belum ada, jalan ini masih berupa pematang sawah, yang akhirnya dibuka jalan raya sekitar tahun 80-an.

Madrasah Aliyah Negeri Karanganyar memiliki 2 kampus yang jaraknya ± 500 m :

  • Kampus I    : Sebagai kampus utama menempati tanah seluas 4725 m2 yang merupakan tanah milik madrasah dan bersertifikat dengan status tanah HGB.
  • Kampus II   : Awal berdirinya sebagai asrama siswa siswi MAN Karanganyar untuk lebih mendalami ilmu agama. Sejalan dengan perkembangan MAN Karanganyar mulai tahun 1999 di buka kelas extra kurikuler menjahit, mengetik dan sampai saat ini sudah mengalami perkembangan dengan dibuka kelas keterampilan baru, yaitu las, meubelair, pemesinan, tata busana dan otomotif. Disamping itu juga dipergunakan untuk SMK Kelas jauh, yaitu SMK MAN Karanganyar jurusan teknik pemesinan